Sulit Merawat Mobil Bekas? Simak 10 Caranya Berikut Ini

SARUNG BAN SEREP - Mobil bekas merupakan sebuah alternatif pembelian jika kita memiliki dana terbatas. Kita harus pintar saat membelinya agar bisa mendapat kualitas terbaik dari mobil tersebut. Untuk pertimbangan membeli mobil bekas bisa cek disini.

tipa merawat mobil bekas
Ilustrasi mobil yang tidak terawat


Perawatan mobil bekas pun lebih ekstra dibanding mobil baru, namun tetap mudah untuk dijalani. Berikut tips merawat mobil bekas yang bisa anda lakukan :
  1. Lakukan pengecekan mesin sebelum berkendara. Persiapkan spare part yang mungkin bisa rusak saat dijalan. Caranya tanyakan saat melakukan service, bagian mana yang rawan rusak dan perlu cadangan.
  2. Periksa ban secara rutin. Pengecekan bisa dilakukan pada tekanan angin dan ketebalan ban nya. Lakukan hal ini saat mobil hendak digunakan.
  3. Hindari mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi di jalan berlubang karena bisa mengurangi umur suspensi dan ban bisa cepat gundul.
  4. Ganti oli mesin secara berkala. Biasanya sekitar 4000-5000 km. Coba juga sekali-kali untuk mengganti filter oli pada mesin.
  5. Periksa dan tes lampu mobil anda. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik dan ganti jika ada yang rusak.
  6. Periksa aki dengan baik. Jika menggunakan aki basah, lihat tinggi air aki dan isi jika telah berkurang. Bersihkan juga kerak yang menempel di terminal aki agar kinerja aki lebih maksimal.
  7. Pastikan wiper masih berfungsi dengan baik. Ganti karetnya jika sudah tidak menyapu dengan sempurna. Campurkan air dengan cairan pembersih wiper agar lebih awet.
  8. Periksa kondisi sabuk mesin, biasanya diganti secara berkala setiap 45.000-50.000 km.
  9. Pastikan air radiator terisi penuh dan bekerja sesuai fungsinya.
  10. Panaskan mesin sebelum mobil digunakan. Hal ini berfungsi untuk memastikan komponen dalam mesin terlumasi dan mengurangi gesekan dan keausan.
Sekian tips dalam merawat mobil bekas, simple bukan? Selamat mencoba :)
Ingin mendapatkan tip rutin mengenai perawatan mobil? add pin kami di 54D17044
Previous
Next Post »
0 Komentar