Tips Memilih Dan Membeli Mobil Baru Yang Tepat Bagi Pemula | Bagian 1

EXCOPRO - Membeli mobil baru bisa jadi merupakan proses yang sangat menegangkan, hal ini terjadi karena mobil merupakan salah satu barang mahal yang akan anda beli. Memiliki mobil merupakan impian setiap orang, namun masalah akan muncul saat ada pertanyaan, Mobil Apa Yang Akan Dibeli?

tips memilih dan membeli mobil baru
Ilustrasi Mobil Baru

Biasanya saat memilih mobil anak-anak muda akan menginginkan yang bisa dibawa mengebut dan bergaya di jalanan. Berbeda pemikirannya dengan orangtua, dimana keluarga dan kenyamanan menjadi prioritas utama. Simak beberapa Pertimbangan Membeli Mobil Baru berikut ini:

Pertimbangan Memilih Dan Membeli Mobil Baru

Cari Alasan Tepat Untuk Membeli Mobil

Apa tujuan anda membeli mobil baru? Untuk transportasi keluarga? Melengkapi gaya hidup? Atau hanya sekedar koleksi saja? Jika alasan anda yang pertama maka pilihlah jenis mobil keluarga seperti Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia. Jika untuk lifestyle ada baiknya anda membeli mobil-mobil elegant seperti Camry dan Royal Saloon. Untuk pilihan ketiga bisa anda penuhi setelah memiliki lebih dari satu mobil.

Mengunjungi Dealer Mobil

Rajinlah mengunjungi dealer mobil saat akan membeli nanti. Bahkan saat ada pameran mobil pun merupakan kesempatan emas anda mendatanginya. Di dealer kita bisa mengecek kualitas fisik mobil, bertanya mengenai spesifikasi mobil, kelebihan dan kegunaannya, test drive, serta harga mobil tentunya.

Diskusikan dengan sales mobil tersebut apa yang anda inginkan dari sebuah mobil, mungkin dia bisa membantu anda untuk memberi pertimbangan mobil apa yang harus dipilih, dan bila beruntung anda bisa diberi diskon lebih olehnya :)

Menyiapkan Down Payment (DP) Minimal 20% Dari Harga Mobil

Kenapa harus menyiapkan DP? Sederhana saja, jika anda ingin membeli mobil secara cash silahkan lewati pertimbangan ini, namun jika uang anda pas-pas an lanjutkan baca artikel ini.

Saat ini banyak dealer mobil yang menawarkan DP rendah saat anda akan mengambil mobil, berkisar 10-20% dari harga mobil. Bahkan ada yang berani memberikan DP 0%, namun dengan syarat tertentu biasanya. Mendiskusikan anggaran ini bisa jadi jalan anda untuk medapatkan diskon dari sang sales. Kuncinya tidak semua harga yang tertera adalah kaku, semuanya bisa di negosiasikan.

Model Dan Tipe Mobil

Jangan hanya terfokus pada model mobil terbaru. Jika ingin sedikit berhemat pilihlah model yang biasa namun tahunnya paling baru, dijamin anda akan mendapatkan harga lebih murah. Sedikit tips untuk anda, saat awal tahun carilah ke dealer mobil keluaran tahun sebelumnya (misalkan untuk sekarang tahun 2014) biasanya jika barangnya masih ada dan anda tertarik membelinya anda bisa mendapatkan potongan harga sampai 20 juta, menarik kan?

Memilih Produk Unggul

Yaa inilah kunci dalam pemilihan mobil. Kriteria apa saja yang masuk ke dalam produk unggul itu?
1. Bahan bakarnya irit
2. Mesin yang bandel
3. Suku cadangnya mudah didapatkan

Sebenarnya masih banyak cara menilai keunggulan sebuah produk mobil, anda bisa minta pendapat orang yang sudah memakainya, berdiskusi dengan yang ahli, dan membaca review di internet tentang mobil tersebut.

Suku Cadang Mudah Didapat

Ada banyak mobil yang lebih murah saat membeli namun sangat sulit mendapatkan sparepartnya. Ini akan menjadi poin yang sulit untuk anda kedepannya. Jadi pertimbangkanlah secara matang jika suatu saat ada masalah anda tidak mengalami kesulitan. Di indonesia mobil-mobil jepang seperti Honda, Toyota, dan Suzuki sangat populer dan bisa anda temukan dimana saja dibandngkan dengan BMW, Mercedes Benz dan mobil keluaran eropa dan amerika lainnya.

Jangan Tergiur Dengan Tawaran

Banyak produsen mobil yang menawarkan berbagai kelebihan dan keunggulan sebuah produk, sampai membuat anda pusing mungkin. Kuncinya jangan mudah tergiur dengan penawaran tersebut, pertimbangkan kerugian yang akan anda terima dibalik penawaran itu. Cek juga masalah garansi, dealer resmi di kota anda, kemudahan servis, dan ketersediaan suku cadang.

Inilah bagian pertama dari tips membeli dan memilih mobil baru. Nantikan kelanjutannya di artikel berikutnya. Semoga panduan ini bisa membantu anda.

Jangan lupa baca informasi mobil lainnya di blog ini tentang Engine, Exterior, dan Interior Mobil. Untuk anda pemilik mobil bercover ban serep, bisa melihat koleksi terbaru kami di menu Product diatas.
Previous
Next Post »
0 Komentar