Simak 5 Tips Aman Berkendara Di Malam Hari Berikut Ini

EXCOPRO - Berkendara di malam hari memberikan tantangan berbeda dibandingkan mengemudi di siang hari. Keterbatasan pandangan dan gelapnya malam secara signifikan akan mengurangi kemampuan kita dalam mengemudi. Simak tips berkendara malam berikut untuk membuat anda tetap nyaman saat akan bepergian nantinya.

tips berkendara di malam hari
Kondisi Berkendara Malam

Tips Aman Berkendara Saat Malam Hari


Cek Lampu Mobil Anda

Sebelum berangkat pastikan semua kondisi lampu anda (lampu depan, belakang, rem, lampu sen, lampu darurat) berfungsi dengan baik. Bersihkan jendela dan lampu anda sebelum berangkat agar pandangan terlihat jelas. Jendela yang kotor akan mengaburkan pengelihatan, sedangkan lampu yang kotor bisa menurunkan efisiensi cahayanya.

Pemanfaatan Lampu Jauh

Penggunaan lampu jauh saat kondisi berkabut bisa mengurangi kemampuan pandangan anda, dan juga membuat silau pengendara lainnya. Namun bukan berarti tidak boleh digunakan, saat keadaan jalan sedang sepi anda bisa memanfaatkannya.

Pengaturan Kaca Spion

Atur kaca spion anda agar dapat melihat jelas mobil di belakang dan menghindari pantulan lampu yang berlebihan. Tips berkendar yang baik adalah dengan selalu memperhatikan kaca spion dan kaca depan secara bergantian setiap 40 detik.

Lampu Di Dalam Mobil

Ada saatnya kita butuh untuk menyalakan lampu di dalam mobil, baik saat akan melihat peta ataupun mencari barang terjatuh. Hindari menyalakan lampu dalam mobil saat sedang menyetir, akan sangat baik jika anda menpi dahulu dan menyalakannya agar lebih aman.

Atur Kecepatan Kendaraan

Saat malam yang gelap kecepatan kendaraan menjadi faktor utama yang harus selalu diperhatikan. Hal ini juga akan membuat anda lebih cepat lelah dibandingkan saat siang hari. Perbanyaklah istirahat diwaktu berkendara malam, selain untuk kesehatan hal ini juga bermanfaat untuk keselamatan anda.

Demikian sharing tips berkendara di malam hari untuk anda. Saat melakukannya perbanyak juga berdoa agar kita tetap selamat dibawah lindungan-NYA. Selamat mencoba :)
Previous
Next Post »
0 Komentar