Panduan Memilih Kredit Mobil Baru dan Bekas

EXCOPRO - Membeli mobil secara cash merupakan impian semua orang. Namun ada kala nya beberapa dari kita membutuhkan cara lain untuk membeli mobil misalnya dengan kredit. Membeli mobil dengan jalan kredit berarti mencicil pembayarannya sampai waktu yang diinginkan, entah 1 tahun, 2 tahun, bahkan sampai 5 tahun. Banyak perusahaan pinjaman yang memberikan penawaran menarik untuk kredit mobil ini, dan tentunya bisa sangat membingungkan. Simak panduan memilih kredit mobil berikut sebagai baham pertimbangan anda.

Panduan Memilih Kredit Mobil Baru dan Bekas
Ilustrasi Perhitungan Kredit Mobil

Panduan Memilih Kredit Mobil

Suku Bunga Bank

Saat akan kredit atau meminjam, sebuah bank akan menetapkan bunga bagi pinjaman tersebut. Keinginan kita pasti bunganya ringan sehingga tidak menyebabkan beban dalam pembayarannya. Ada dua jenis suku bunga yaitu tetap dan berubah.
Suku bunga tetap berarti anda akan membayarkan bunga flat selama jangka waktu atau tenor yang anda pilih, misalnya 12% pertahun selama 5 tahun. Berarti sampai 5 tahun ke depan anda harus membayar bunga sebesar 12% dari pinjaman ke bank setelah dikurangi DP.
Kedua yakni suku bunga berubah. Nilai suku bunga ini berubah ubah sesuai keadaan di tahun itu. Hal ini didasarkan pada beberapa hal seperti menjaga profit margin, inflasi nilai mata uang dan lain sebagainya. Kuncinya adalah nilai kredit atau hutang anda maksimal adalah 30% dari penghasilan bulanan anda.


Balloon Installment/Payments

Metode pembayaran ini masih baru di indonesia, namun sudah ada bank yang menjalankannya contohnya BCA finance. Konsep dari pembayaran ini adalah membayar sedikit di depan, namun akan membesar dibelakang. Maksudnya begini, awal awal kredit anda akan mendapatkan tagihan yang sedikit atau kecil, namun diakhir masa kredit anda akan ditagihkan dengan cukup besar. Hal ini sangat cocok untuk orang yang penghasilannya musiman.


Proses Kredit

Hal yang paling banyak menyita waktu salah satunya adalah proses ini. Ya proses kredit dari mulai pengajuan sampai keluar hasil kreditnya nanti. Memang sangat membingungkan, repot, dan melelahkan. Namun disinilah anda harus serius, karena anda harus memastikan setiap hal yang membingungkan. Tanya setiap hal yang membuat anda penasaran, dapatkan jawaban hingga anda puas. Sehingga anda akan merasa tenang setelah melewati proses ini.


Asuransi Kendaraan

Ada banyak perusahaan asuransi untuk mobil anda. Pilihlah perusahaan dengan track record yang baik dan mudah dalam pengurusan asuransinya kelak. Ada beragam jenis asuransi kendaraan, salah dua nya adalah all risk dan total lost only. Pilihan pertama akan melindungi mobil anda dari setiap hal baik kecelakaan, bencana alam, dan kehilangan. Sedangkan opsi kedua hanya akan melindungi mobil anda dari kehilangan karena curanmor.


Demikianlah tips memilih kredit untuk membeli mobil. Sikap bijak anda sangan dituntut disini karena hidup anda bukan hanya untuk kredit mobil saja, jadi harus diatur sedemikian rupa sehingga tetap dalam rencana masa depan anda. Selamat berlibur :)
Previous
Next Post »
0 Komentar