Mengenal Lebih Jauh Bilangan Oktan Pada Bahan Bakar Minyak (BBM)

Bilangan Oktan Pada Bensin


Halo Para pembaca semuanya, akhir akhir ini kita sering mendengar istilah Oktan yang disebut sebut ada di BBM. Kata kata ini (re : Oktan) menjadi populer karena pemerintah kita akan menghentikan peredaran oktan 88 yang sekarang terkandung dalam premium. Daripada bingung lebih baik kita simak penjelasannya berikut ini.

bilangan oktan pada bensin

Pengertian Angka Oktan

"Besarnya Tekanan Yang Bisa Diberikan Sebelum Bahan Bakar Terbakar Sempurna-wikipedia"

Penjelasan diatas menunjukkan bahwa sebuah bahan bakar akan bisa terbakar sampai tekanan tertentu, dan juga tidak semua bahan bakar memiliki batas tekanan yang sama.

Nilai Oktan Pada Bensin

nilai oktan pada bensinNama Oktan diambil dari Oktana (C8) karena rantai karbon ini memiliki sifat kompressi paling bagus diantara yang lain. Nilai maksimum Oktan sebuah bahan bakar bisa melebihi 100 contohnya untuk bahan bakar roket. Berikut contoh nilai beberapa bahan bakar di dunia (sumber wikipedia)
  1. Amerika : 87
  2. Indonesia (premium) : 88
  3. Eropa : 91
  4. Taiwan : 92
  5. Indonesia (pertamax) : 91
  6. Indonesia (pertamax plus) : 95

Cara Mengukur Bilangan Oktan

Nama metode pengukurannya adalah Research Octane Number (RON). Prinsipnya adalah memasukan bahan bakar ke dalam mesin uji dan mencampurnya dengan bahan lain dan melakukan uji tekanan sampai didapatkan perbandingan terbaik.



Kesimpulan

Kunci dari nilai oktan ini kandungan Oktana (C8) pada bahan bakar yang dipakai. Tidak selalu oktan tertinggi baik untuk digunakan, yang terbaik adalah gunakan bahan bakar sesuai dengan rekomendasi pabrikan mesin anda :)

Terima kasih, semoga bermanfaat :)
Previous
Next Post »
0 Komentar